081320452300
Customer service
Menu
Ikuti pelatihan bididaya cacing

Pemeliharaan Cacing Tanah

Pemeliharaan cacing tanah wajib dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan target produksi yang ingin kita capai, walaupun terlihat simple dan mudah namun faktanya pemeliharan di perlukan kedisiplinan dan ketekunan, pemeliharaan meliputi pemberian pakan hingga perawatan diantaranya :

  1. Pemberian Pakan

pemberian pakan yaitu cacing tanah di beri pakan sekali dalam sehari semalam sebanyak berat cacing tanah yang diternak. jika cacing yang diternak sebanyak 1 Kg, maka pakan yang di berikan sebanyak 1 Kg  juga. Pakan untuk cacing mudah di temukan. umumnya pakan cacing tanah adalah berupa semua kotoran hewan, sampah-sampah organic yang busuk, dan masih banyak lagi.

  1. Penggantian Media

Media yang sudah di panen cacingnya dan menjadi tanah/kascing harus diganti. Agar media cacing tetap sehat dan di sukai cacing sehingga cacing cepat berkembang, Rata rata penggantian media dilakukan dalam jangka waktu 2 Minggu.

  1. Pengembangbiakan

Proses pengembangbiakan diperlukan maka di perlukan media pembuatan sarang, media yang digunakan untuk pengembangbiakan  biasanya yaitu kotoran hewan, dedaunan/buah-buahan, batang pisang, limbah rumah tangga, kayu lapuk/bubur kayu. Bahan dipotong sepanjang 2,5 Cm, ditambah air kemudian diaduk kembali.

  1. Hama Dan Penyakit

Suksenya beternak cacing tanah tidak terlepas dari peran kita mengendalikan hama dan predator cacing tanah. hama dan predator cacing tanah antara lain: semut, kumbang, burung, kelabang, lipan, lalat, tikus, dll

  1. Pemanenan

Panen cacing dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya adalah dengan mengunakan alat penerangan karena cacing tanah sangat sensitif terhadap cahaya sehingga mereka akan berkumpul di bagian atas media atau dengan cara panen yang lebih ekonomis dengan membalikan sarang dan masih ada lagi cara panen lainnya intinya pemanenan di perlukan sekaligus dapat mengganti media dengan media yang segar.

Demikian pemeliharaan yang umumnya dilakukan, namun pemeliharan banyak cara yang di gunakan tergantung pengalaman dari peternak masing-masing, tujuannya pemeliharaan dilakukan untuk menjaga stabilitas ternak budidaya cacing agar sesuai dengan harapan yang akan dicapai, produksi yang banyak dan cacing yang tumbuh sehat.

loading...