081320452300
Customer service
Menu
Ikuti pelatihan bididaya cacing

Pembibitan Cacing Tanah

Dalam proses pembibitan cacing tanah memilih bibit indukan cacing tanah merupakan hal yang sangat penting dalam kesuksesan budidaya cacing tanah. pembibitan menggunakan bibit unggul berarti memperbesar faktor keberhasilan dalam budidaya cacing tanah.

Bibit indukan cacing tanah bisa di peroleh langsung dari penyedia bibit cacing tanah dari peternak yang sudah jalan sebelumnnya.  bisa juga mendapatkan bibit indukan dengan mencari di alam seperti tanah yang gembur, tumpukan sampah yang membusuk atau tempat pembuangan kotoran hewan tentu itu proses yang lama dan melelahkan.

Untuk memperbesar peluang budidaya cacing tanah ini menjadi bisnis yang berhasil mendatangkan keuntungan, lebih baik jika membeli bibit indukan yang ada di pasaran atau dari peternak langsung. Sehingga dapat menghemat waktu dan segara mendapatkannya, jika cacing tanah yang diambil dari alam belum di pastikan mampu beradaptasi dengan lingkungan baru.

Setelah bibit di peroleh persiapkan media pemeliharaan untuk langsung memasukkan bibit indukan cacing tanah pada media pemeliharaan. Namun bibit indukan cacing tanah yang sudah kita siapkan tidak boleh langsung memasukkan semua ke dalam media, tetapi harus dicoba sedikit demi sedikit.

Tujuannya untuk memastikan cacing tanah cocok dengan media yang sudah di buat. Jika ternyata belum cocok lakukan perbaikan dengan, menambah atau mengganti media dengan yang baru yang cocok paling tidak mirip dengan habitat asli cacing tanah, letakkan beberapa ekor cacing tanah di atas media, amati cacing tanah apakah cacing tanahnya masuk ke dalam media atau tidak jika masuk maka sisanya bisa dimasukkan semua.

Belum selesai sampai disitu, selanjutnya sekitar setiap 3 jam amati apakah cacing tanahnya keluar atau  berkeliaran di atas media bahkan kabur meninggalkan kandang. Amannya jika waktu 12 jam tidak ada yang meninggalkan kandang berarti media pemeliharaan cocok dengan habitat cacing tanahnya.

Jika cacing tanah berkeliaran di permukaan media maka tidak cocok atau tidak sesuai dengan habitat aslinya.us segera digant lakukan perbaikan sebagai awal dengan cara disiram dengan air, kemudian atau di campur lagi dengan kompos atau pakan lainnya.

loading...