081320452300
Customer service
Menu
Ikuti pelatihan bididaya cacing

Makanan Cacing Tanah

Apa saja makanan cacing tanah ? Jika dalam kondisi yang normal, cacing tanah dapat makan sebanyak berat tubuh mereka per harinya. Misal : 1 kg cacing tanah dapat makan sebanyak 1 kg juga makanan setiap hari. Tetapi disarankan dalam memberikan makanan setengah dari berat tubuh cacing pada saat di awal pemeliharaan dan selanjutnya disesuaikan dengan kemampuan makan cacing.

Salah satu efek jika makanan terlalu banyak, tempat pemeliharaan budidaya akan menjadi bau, cacing tanah biasanya tidak dapat memproses semua makanan sehingga makanan membusuk dan menimbulkan hama. Jika Terlalu sedikit, cacing akan kelaparan.

Cacing tanah akan makan memakanan yang bersifat organik yang dapat diuraikan dan itupun harus lembab. Cacing tanah tidak bisa makan makanan yang kering. Karena makanan dicerna dalam ampela, yang bertindak seperti gigi untuk menggiling makanan. Di hancurkan dengan usus dan memecahnya bukan dengan gigi, kemudian kotoran akan keluar sebagai kotoran, kotoran cacing ini sangat bermanfaat bagi tanaman.

Berikut adalah makanan kesukaan cacing tanah:

  • Limbah sayuran yang sudah di permentasi
  • Kulit telur hancur
  • Sabut kelapa
  • Sisa kupasan kulit kentang, apel, pisang dan kulit buah2an lainnya

Sebelum diberikan ke cacing tanah, makanan yang volumennya besar dapat dipotong, diparut, atau diblender. Semakin kecil potongan makanan, akan semakin mudah dicerna oleh cacing. Dalam memberikan makan sebaiknya paling sedikit tiga hari sekali.

loading...