081320452300
Customer service
Menu
Ikuti pelatihan bididaya cacing

Habitat Alami Cacing Tanah

Habitat alami cacing tanah pada umumnya berada di tempat yang gelap dan lembab. Cacing tanah dapat hidup pada kisaran temperatur 5°C hingga 29°C. Temperatur optimal untuk cacing tanah melangsungkan hidupnya adalah pada 20°C hingga 25°C dengan kelembaban 60-75%. Cacing tanah dapat bereproduksi dengan sangat cepat. Dari beberapa penelitian bahwa cacing tanah menggandakan jumlahnya setiap 60-70 hari.

Cacing tanah pada umumnnya dapat melipatgandakan jumlahnya menjadi 28 atau 256 ekor cacing setiap 6 bulan dari satu individu cacing, jika berada pada lingkungan yang optimum setiap 256 ekor cacing yang dihasilkan tersebut akan melipatgandakan kembali jumlahnya pada proporsi yang serupa sehingga menghasilkan biomassa cacing dalam jumlah yang sangat besar dalam jangka waktu yang pendek. siklus hidup cacing tanah berkisar selama 220 hari. jadi mereka dapat memproduksi 300-400 keturunan dalam satu siklus hidupnya, cacing tanah terus berkembang biak selama hidupnya.

Pada pembudidayaan cacing tanah untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal kita harus membuat ruang media yang optimum kondusif untuk cacing tanah, lingkungan media yang nyaman membuat cacing tanah hidup dengan normal dan maksimal, dan yang tidak kalah penting pemberian pakan yang rutin, berbeda dengan kehidupan alami cacing tanah pada pembudidayaan lingkup cacing tanah sangat terbatas jadi ketersediaan pakan pada saat budidaya itu sangat penting agar cacing tanah tidak kekurangan pakan dan bisa hidup optimal untuk menghasilkan panen yang maksimal.

Cacing tanah pada umumnya memakan berbagai jenis bahan organik yang terdapat di dalam tanah karena lingkup alami cacing tanah sangat luas cacing tanah akan selalu mencari sumber makanan dan menyebabkan terbentuknya ruang udara di dalam tanah. ruang tanah tersebut seperti memiliki pori-pori oksegen bagi tanah yang dapat menjadikan tanah menjadi lebih gembur dan subur, dan untuk kotoran cacing yang memiliki kandungan tidak berguna lagi bagi cacing, namun kotoran cacing tersebut sangat dibutuhkan oleh tumbuhan. Cacing tanah juga dapat mengurai berbagai limbah organik seperti kotoran hewan, sisa tanaman sayuran, dan sampah organik rumah tangga.

loading...